Habbatusauda atau jintan hitam

HABBATUSAUDA ( JINTAN  HITAM )

Habbatusauda atau yang lebih dikenal dengan jinten hitam, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, habbatusauda adalah jenis tanaman semak belukar yang tumbuh liar di wilayah benua afrika bagian utara, asia dan jazirah arab.

Memiliki nama ilmiah Nigella sativa. Bentuk tanamannya berbatang pendek, dengan tinggi 50 cm. Warnanya sangat cepat berubah menjadi hitam jika terkena udara. Dan sudah banyak penelitan yang membahas tentang habbatusauda ini, tetapi kebanyakan berasal dari Eropa, terutama negara jerman dan austria yang mempromosikan bentuk pengobatan yang bersifat herbal dari tanaman habbatusauda ini.

Habatussauda (Jintan Hitam) memiliki kandungan mineral, vitamin, protein nabati dan asam lemak tak jenuh. Di dalam habbatussauda terdapat asam lemak esensial bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, hingga untuk kestabilan produksi hormon di dalam tubuh.

Habatussausa juga memmiliki kandungan nigellon yang tergolong jenis zat antioksidan alami, seperti vitamin A dan C. Beberapa penelitian menunjukan bahwa fungsi zat nigellon ini mampu memberikan perlindungan pada tubuh dari masuknya zat-zat asing yang berpotensi berbahaya. Kandungan lainnya yaitu glutathion yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Manfaat -Manfaat Habbatusauda Bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti-Kanker

Habbatussauda bisa bermanfaat sebagai anti-tumor bagi tubuh. Pada sebuah Kongres Kanker International di New Delhi, manfaat minyak habbatussauda ini diperkenalkan oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-biology Laboratory di South California.

Habbatussauda diyakini mampu merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan di dalam tubuh. Yang dapat menghancurkan sel-sel tumor dan memperkuat antibodi tubuh.

2. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Mengonsumsi habbatussauda bermanfaat sebagai detoks bagi tubuh. Di dalam habbatussauda ini memiliki kandungan saponin yang berkhasiat untuk membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Prof. Wadi’ah Shalih Bakar. Dirinya adalah seorang Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris. Di dalam disertasinya, dia menyebutkan efek dari ekstrak habbatussauda pada enzim-enzim nukleotida di dalam jaringan. Dia memaparkan bahwa ada beberapa laporan laboratorium yang menunjukan manfaat ekstrak habbatussauda untuk pengobatan.

3. Diabetes

Sebuah penelitian yang pernah diterbitkan di majalah Tohoku J Exp Med, pada terbitan september 2003, para peneliti dari Turki meneliti manfaat habbatussauda untuk diabetes.

Hasilnya ditemukan bahwa fungsinya dapat membantu proses regenerasi parsial bertahap sel pankreas tubuh, menjaga kestabilan kadar insulin di dalam tubuh agar mencukupi sesuaai kebutuhan, dan mengurangi glukosa yang bisa berdampak buruk di dalam tubuh. Disebutkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk pencegahan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

4. Menurunkan Berat Badan

Berkhasiat untuk membuat berat badan bisa lebih mudah untuk diturunkan, dimana penurunan berat badan terjadi karena pembakaran kalori di dalam tubuh yang berjalan dengan baik.
Penelitian lainnya juga mengungkap bahwa kandungan di dalam habbatussauda efektif untuk membantu menekan nafsu makan yang berlebihan.

5. Untuk Kesehatan Rambut

Terkandung kadar Zinc yang lumayan tinggi, selain itu juga terkandung antidioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan rambut, serta mencegah munculnya ketombe.
Adapun secara herbal atau tradisional, maka habbatussauda ini sudah sering dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan rambut dan memperkuat akar rambut.

6. Untuk Kesehatan Kulit

Di dalam habbatussauda terkandung vitamin dan omega yang bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, manfaatnya juga mampu untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini (anti-aging).

Manfaat lainnya dari minyak jintan hitam (habbatussauda) yaitu mampu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit. Dengan memiliki sifat anti peradangan, maka habbatussauda ini bisa manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk penggunaannya bisa dengan mengolesan minyak jintan hitam.

7. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Memiliki asam linoleat (omega 6 dan omega 3) yang sangat penting keberadaannya untuk perkembangan sel otak yang baik yang bermanfaat untuk menjaga kemampuan daya ingat dan daya pikir.

Kandungan di dalam habbatussauda juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke otak. Mengkonsumsi jintan hitam ini berfungsi sebagai energi bagi otak, serta menurunkan resiko pikun pada seseorang.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalamnya banyak terdiri dari protein, vitamin, mineral. Sehingga memiliki manfaat yang cukup ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

9. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil dan Balita

Kandungan Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 yang terkandung di dalam jintan hitam merupakan kandungan penting bagi perkembangan jaringan janin di dalam kandungan. Demikian juga anak-anak di masa pertumbuhan harus diperkuat sistem imunnya sehingga tidak mudah terserang penyakit. Anda tidak mudah terkena flu dan pilek di musim hujan.

10. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

Terkandung lemak tidak jenuh dan juga fungsi struktur hormonal yang berkhasiat untuk melancarkan ASI. Sehingga masalah produksi ASI yang minim, mengatasinya bisa dengan memanfaatkan jintan hitam. Hal ini berdasarkan penelitian tahun 1989 yang diterbitkan di dalam literatur penelitian Universitas Potchestroom.

11. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengandung minyak volatif dan atsiri berkhasiat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi pencernaan. Dalam dunia pengobatan tradisional, minyak atsiri sering dimanfatkan untuk pengobatan diare.

12. Mencegah Alzheimer

Habbatussauda mampu bermanfaat meringankan dampak penyakit alzheimer. Beberapa penelitian lainnya juga menemukan hasil yang memperkuat tentang manfaat habbatussauda ini.

Bahkan para peneliti memaparkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian dan kewaspadaan, serta bisa memulihkan ingatan.

13. Membantu Menghilangkan Candu Narkoba

Terdapat penelitian yang menemukan bukti awal bahwa habbatussauda berkhasiat untuk meminimalisir gejala putus obat ‘opiat’, yang itu merupakan salah satu jenis narkotika.

Peneliti menjelaskan bahwa manfaat ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi habbatussauda sebanyak tiga kali dalam sehari, yang dilakukan selama 12 hari. Manfaat Habbatssauda juga membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

14. Mengatasi Gangguan Tidur

Memilii kandungan saponin yang memiliki kegunaaan seperti halnya kortikosteroid, yaitu berfungsi untuk memberikan pengaruh pada organ jantung, ginjal, syaraf dan otot tubuh.

Manfaat zat saponin ini yaitu memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuhemilii kandungan saponin yang memiliki kegunaaan seperti halnya kortikosteroid, yaitu berfungsi untuk memberikan pengaruh pada organ jantung, ginjal, syaraf dan otot tubuh. Manfaat zat saponin ini yaitu memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuh

15. Mengatasi Penyakit Asma

Menurut penelitian, ekstrak habbatussauda jika dikonsumsi dalam kadar tepat mampu meredakan batuk-batuk dan mengi. Selain itu, manfaatnya juga mampu meningkatkan kesehatan dan kerja organ paru-paru yang baik.

16. Mengatasi Kejang Pada Pasien Epilepsi Anak-Anak

Meminum ekstrak habbatussauda sebanyak 40 mg setiap delapan jam, yang dilakukan selama empat minggu mampu untuk menurunkan frekuensi terjadinya kejang pada pasien epilepsi anak-anak.

17. Sebagai Anti Histamin

Histamin merupakan jenis zat yang diproduksi di dalam tubuh, yang efeknya bisa menimbulnya alergi seperti pada asma bronchial. Kandungan di dalam minyak dan habbatussauda mampu berfungsi untuk mengisolasi ditymoquinone. Yang akhirnya memberikan manfaat positif untuk meringankan gejala asma bronchial.

Dan jika anda menginginkan produk kesehatan yang mengandung esktrak habbatusauda atau ( Jintan Hitam ) Klik saja “DISINI”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *